Festival Banyuurip 2016

Ngonthel Rame -rame di Festival Banyuurip Bersama JIMBojonegoro

SINERGI : Bupati Bojonegoro, Suyoto foto bersama usai mengikuti Ngonthel bareng JIMBojonegoro

 

MERIAH : Camat Gayam, Hartono Sedang Memberikan Sambutan Sebelum Memberangkatkan Peserta Ngonthel Tour D Gayam
MERIAH : Camat Gayam, Hartono Sedang Memberikan Sambutan Sebelum Memberangkatkan Peserta Ngonthel Tour D Gayam

Oleh : Atok Moch Nur Rozaqy

jimbojonegoro.net-Kecamatan Gayam merupakan sentra proyek Lapangan Banyuurip, Blok Cepu. Salah satu proyek migas andalan pemerintah yang disebut -sebut dapat memenuhi 20 persen kebutuhan energi nasional dari sector minyak. Kecamatan Gayam termasuk kecamatan baru dari hasil pemekaran Kecamatan Ngasem dan Kalitidu. Berdasarkan Peraturan Daerah (perda) Kabupaten Bojonegoro Nomor 22 tahun 2011, Kecamatan Gayam ditetapkan sebagai kecamatan baru di Bojonegoro pada tanggal 10 November tahun 2011 tertanda Bupati Bojonegoro Suyoto. Kemudian Perda tersebut baru diundangkan di Bojonegoro pada tanggal 28 Maret 2012 tertanda Sekretaris Daerah (Sekda) Soehadi Moeljono. Jumlah Kecamatan di Kabupaten Bojonegoro yang semula berjumlah 27 kecamatan, menjadi 28 kecamatan.

Masyarakat Gayam turut merasa bangga menjadi bagian penting dari keberadaan proyek andalan nasional tersebut. Salah satu bentuk rasa bangga tersebut diwujudkan dalam perayaan Festival Banyuurip. Festival ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari jadi Kecamatan Gayam. Tahun 2016 ini Kecamatan Gayam telah berusia 4 tahun. Beragam kegiatan positif dilakukan untuk memperingati hari jadi Kecamatan Gayam. Salah satu rangkaian kegaiatan yang tidak terpisahkan adalah blusukan yang dikemas dalam kegiatan ngonthel bareng bersama masyarakat. Ngonthel merupakan kegiatan yang efektif untuk mendekatkan antara pemerintah, perusahaan, dan masyarakat sembari melihat langsung kondisi Kecamatan Gayam. Kegiatan Ngonthel pada festival tahun ini disebut juga Tour D Gayam. Kegiatan ini dilaksanakan Jaringan Informasi Masyarakat (JIM) Bojonegoro bekerjasama dengan ExxonMobil Cepu Ltd (EMCL) sebagai operator Lapangan Banyuurip, Blok Cepu.

“Semoga dengan acara ini semakin merekatkan masyarakat, perusahaan, dan pemerintah,” kata Camat Gayam, Hartono dalam sambutannya sebelum memberangkatkan peserta, Minggu (27/11/2016) hari ini.

Kegiatan Ngonthel Tour D Gayam diikuti sejumlah Kepala Desa (Kades) di wilayah Kecamatan Gayam, tokoh masyarakat, pejabat teras ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), karang taruna, komunitas sepedah, dan masyarakat umum. Sehingga terjalin sebuah sinergitas. Ngonthel Tour D Gayam start dari depan Balai Desa Gayam menyusuri desa Mojodelik, Bonorejo, Brabowan, area luar Well Pad C Lapangan Banyuurip Blok Cepu dan finish ke tempat yang sama.

Tahun 2015 lalu, Tour D Gayam dihadiri sekaligus mendapat respon positif dari Bupati Bojonegoro, Suyoto. Ditengah kesibukannya memimpin Bojonegoro, bupati yang familier dengan panggilan Kang Yoto menyempatkan waktu untuk Ngonthel bersama hampir semua elemen masyarakat Gayam.

SINERGI : Bupati Bojonegoro, Suyoto foto bersama usai mengikuti Ngonthel bareng JIMBojonegoro
SINERGI : Bupati Bojonegoro, Suyoto foto bersama usai mengikuti Ngonthel bareng JIMBojonegoro

Suasana guyub dan penuh kebersamaan begitu terlihat. Mengusir penat ditengah hiruk pikuk aktivitas yang seperti tidak ada habisnya. Sambil berolah raga, para peserta menelusuri desa – desa disekitar Kecamatan Gayam. Setelah acara pun, beragam hadiah menarik dan bermanfaat telah menanti. Sungguh sebuah momen yang bisa dibilang langka. Dan hanya ada dalam Ngonthel Tour D Gayam.