Pendidikan

Siswa RA AL Muslim Wonopuro Desa Katur Kunjungi Wisata Edukasi Gerabah

Antusias: Murid-murid RA AL Muslim Belajar Membuat Gerabah

JIMBojonegoro.net – Sebanyak 23 murid dan empat guru, serta wali murid Raudhatul Athfal (RA) AL Muslim Dusun Wonopuro, Desa Katur, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, mengunjungi Pusat Belajar Edukasi Gerabah di Desa Rendeng, Kecamatan Malo, Kamis (14/09/2017)

Rombongan tiba di wisata edukasi sekitar pukul 10.00 WIB,dengan mengendarai Kereta Mini Jolodoro. Kedatangan mereka di sambut hangat pengelola Pusat Belajar Edukasi Gerabah.

Sebelum belajar membuat kerajinan gerabah, mereka mendapatkan wawasan terlebih dahulu tentang bagaimana awal pembuatan kerajinan Gerabah, hingga proses pewarnaan. Setelah itu para siswa dibagi secara kelompok dengan di dampingi guru dan pemandu kemudian mempraktekkan membuat kerajinan gerabah.

Di sela-sela praktek, Ketua Pusat Belajar Edukasi Gerabah Malo, Abdul Ghofur, menjelaskan bahan untuk membuat kerajinan gerabah cukup mudah, yakni berasal dari tanah liat hutan sekitar, dan dicampur dengan pasir kemudian dibakar beberapa hari.

“Hingga proses menjadi sebuah kerajinan gerabah membutuhkan waktu selama kurang lebih 1 minggu,” ujarnya.

Di tempat ini, lanjut dia, ada berbagai macam kerajinan. Mulai dari celengan, guci, tempat asbak dan lain sebagainya.

Kepala RA AL Muslim, Sri Andriani menjelaskan tujuan kunjungan ke wisata edukasi ini untuk memberikan wawasan baru kepada anak-anak, serta melatih kreatifitas, dan kerjasama antar teman.

“Ini yang pertama. Harapannya ini menjadi agenda kegiatan edukasi sebulan sekali,” pungkasnya.

Dari pantauan, anak-anak terlihat bersemangat mengikuti praktek belajar membuat kerajinan gerabah. Mereka juga antusias memperhatikan penjelasan yang disampaikan pemandu, dan kemudian satu persatu mempraktekkan dari awal pembuatan hingga proses pewarnaan. (red/JIM)