Food & Drinks Inspiratif Kuliner

Produk Olahan Jamur Crispy POKJA INDOMMI Kartar Begadon

JIMBojonegoro.net – Pemuda sekitar Lapangan minyak Banyu Urip semakin menunjukkan kemandiriannya. Hal ini ditunjukkan oleh Komunitas Kelompok Kerja Industri Olahan Makanan dan Minuman (Pokja Indommi) Karang Taruna Desa Begadon, Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Kelompok pemuda kreatif tersebut baru-baru ini merilis produk baru berupa jamur renyah dengan berbagai varian rasa.

Ketua Karang Taruna Desa setempat, Kunyeni mengatakan, pembuatan produk makanan ringan ini merupakan pengembangan dari usaha budidaya jamur yang sudah mereka kelola dalam satu tahun terakhir. Pada 25 April lalu mereka merayakan panen jamur di desa setempat. “Ini merupakan pencapaian anak-anak muda desa kami yang ingin maju dan berkembang secara mandiri,” ungkap Kunyeni, Jum’at (12/5/2017)

Kebersamaan Pemuda Begadon dalam Membuat Olahan Jamur Crispy

Kunyeni menjelaskan, konsumen jamur tidak terlalu banyak. Sehingga penjualan langsung hasil panennya tidak terlalu banyak. Untuk meningkatkan penjualan, kata dia, anggotanya berkreasi dengan membuat produk olahan. “Sejauh ini kami baru membuat dua varian rasa, yaitu rasa original dan aneka balado,” imbuhnya.

Namun pembuatan produk olahan juga tidak terlalu mudah bagi mereka. Kunyeni mengaku masih banyak kendala, terutama dalam pengemasan. “Kami sekarang tahu kalau mengemas makanan untuk jangka panjang itu tidak mudah,” ucapnya.

Meski demikian, Kunyeni sudah menemukan cara pengemasan yang sesuai. Anggota kelompoknya juga sudah memasarkan jamur crispy ini. Bagi yang berminat, silahkan menghubungi nomer handphone +6285732288221

Saat tim redaksi JIM Bojonegoro mencicipi makanan ringan ini memang renyah dan gurih. Sangat cocok untuk berbagai hidangan. Baik acara formal maupun hanya sekedar untuk camilan di saat bersantai rumah. (JIM)