Artikel

Penetapan Perda Kecamatan Gayam Bersamaan hari Pahlawan

Kecamatan Gayam tampak dari depan
Kecamatan Gayam tampak dari depan

jimbojonegoro.net- Berdasarkan Peraturan Daerah (perda) Kabupaten Bojonegoro Nomor 22 tahun 2011 tentang pembentukan Kecamatan Gayam yang diperoleh jimbojonegoro.net, Kecamatan Gayam ditetapkan sebagai kecamatan baru di Bojonegoro pada tanggal 10 November tahun 2011 tertanda Bupati Bojonegoro Suyoto.

Ternyata tanggal tersebut bersamaan dengan peringatan hari Pahlawan Nasional yang jatuh pada tanggal yang sama. Kemudian Perda tersebut baru diundangkan di Bojonegoro pada tanggal 28 Maret 2012 tertanda Sekretaris Daerah (Sekda) Soehadi Moeljono. Dengan Perda itu, jumlah Kecamatan di Kabupaten Bojonegoro yang semula berjumlah 27  kecamatan, menjadi 28 kecamatan.

Dalam BAB II tentang Pemekaran dan pembentukan wilayah kerja kecamatan, pada Pasal 2 ayat 4 dijelaskan Kecamatan Gayam berasal dari sebagian wilayah Kecamatan Ngasem dan Kecamatan Kalitidu yang meliputi 12  desa.

Desa yang saat ini masuk dalam Kecamatan Gayam berasal dari Kecamatan Ngasem sebagai kecamatan induk meliputi 17 desa dan Kecamatan Kalitidu sebagai Kecamatan induk meliputi 18 desa.

Jika mengacu pada Perda ini usia Kecamatan Gayam sebagai kecamatan baru telah memasuki usia ke 5 dan bertepatan dengan peringatan hari Pahlawan Nasional. Selamat ulang tahun untuk Kecamatan Gayam, selamat hari Pahlawan, dan semoga sukses untuk Festival Banyuurip (FBU) tahun 2016.

(Tim jimbojonegoro.net/Roz).