Inspiratif

Kunjungan Mahasiswa Universitas Khon Kaen Thailand di KIM Sendang Potro

Suasana Ngobrol bareng anggota KIM Sendang Potro, Dinas Kominfo Kabupaten Bojonegoro dan Mahasiswa Universitas Khon Kaen Thailand

JIMBojonegoro.net – Mahasiswa Universitas Khon Kaen Thailand, Agustiyara mengunjungi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Sendang Potro Desa Sedahkidul Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Kamis (7/9/2017). Kunjungan ini merupakan rangkaian penelitiannya di Kabupaten Bojonegoro selama 2 pekan. Di desa ini ia melakukan observasi pada tempat pertemuan di balai desa, mengunjungi banner / baliho publikasi APBDesa yang dipasang di beberapa pertigaan jalan desa yang menjadi bagian dari pelaksanaan open goverment yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro.

Di KIM Sendang Potro, Agus mengamati secara langsung berbagai kegiatan yang dilaksanakan KIM. Mahasiswa program Master Degree ini melakukan wawancara dengan beberapa anggota KIM maupun kepada Kepala Desa Sedah kidul, M Choirul Huda.

Di Desa Sedahkidul ini berbagai pihak telah berpartisipasi dalam melaksanakan kegiatan kegiatan pembangunan” komentarnya setelah melihat latihan fragmen sosialisasi anti “hoax” yang dilakukan oleh anggota KIM.

“Wah Bojonegoro ini bisa menjadi “best practise” dalam mengelola pemerintahan terbuka di Asia, penelitian kami ini dilakukan di tiga negara yakni Thailand, Vietnam dan Indonesia” komentar Agustiyara asal dari Aceh kepada anggota KIM di akhir acara kunjunganya

Dalam kesempatan latihan ini, Ketua KIM, Rasidin mengungkapkan berbagai kegiatan dalam mengelola kelompoknya, mulai bagaimana KIM ini berdiri sampai dengan kiprahnya membantu desa dalam memberdayakan warga di bidang interaksi komunikasi yang bersinergi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bojonegoro, Relawan TIK Bojonegoro, Blogger Bojonegoro, Jaringan Informasi Masyarakat (JIM) Bojonegoro, media online di Bojonegoro dan media nasional serta instansi terkait lainnya.

Dikatakan, beberapa hal yang menonjol yang dilakukan KIM adalah pengelolaan website desa, pengelolaan aplikasi dan pendataan sistem informasi desa dan KIM sebagai inisiator dan pelaksana kegiatan rutin tiap 6 bulan tentang sarana keterbukaan pemerintahan desa yang dikemas dalam acara “Ngopi Sareng” (santai bareng/bersama) Kepala Desa.

“Dalam kegiatan ngopi sareng ini kami bersama Kepala Desa bertemu dengan warga di setiap RT (baca : Rukun Tetangga) menampung aspirasi maupun memecahkan persoalan yang dialami warga. Ngopi sareng dilaksanakan secara bergilir tiap 2 RT, jadi selama 4 malam berturut turut Kepala Desa bersama kami keliling” tandas Rasidin yang menjadi Ketua KIM sejak 2014 ini. (@kakdidik13)

About the author

Didik Jatmiko

Didik Jatmiko

Pegiat JIM Bojonegoro yang tinggal di Desa Sedahkidul Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro - Kunjungi Blognya di www.didikjatmiko.com