Potensi Desa

Kemeriahan Gropyok Ikan di Desa Gading Kecamatan Tambakrejo

JIMBojonegoro –  Ratusan warga dari sejumlah kecamatan di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, mengikuti gropyok ikan di Waduk Rawa Glandhang Desa Gading, Kecamatan Tambakrejo, Minggu (18/9/2016).

Dalam kegiatan ini, warga terjun ke waduk sambil membawa perlengkapan untuk menangkap ikan. Namun tak jarang juga yang hanya menggunakan tangan.

Beragam jenis ikan berhasil ditangkap warga di antaranya ikan tombro, lele, patin, dan tombro. Ikan yang berhasil ditangkap kemudian dibawa pulang.

“Kami sudah lama menunggu agenda ini. Ini sangat menarik sekali karena cari ikannya bersama-sama,” kata Yuni warga setempat.

Selain warga Gading, Gropyok ikan ini diikuti warga dari sejumlah desa di Kecamatan Margomulyo dan Ngraho.

“Ini sudah menjadi agenda tahunan di desa ini. Namun untuk tahun ini kita ajak warga dari luar desa untuk mengikuti groyok ikan,” sambung Kepala Desa Gading, Rudik.

Rudik berharap ke depan Waduk Rawa Glandhang bisa menjadi lokasi pemancingan yang dapat dikelola pemuda dan menjadi salah satu sumber pendapatan asli desa.

“Cita-cita saya waduk ini menjadi ikon wisata di sini,” ucapnya.

Suasana guyup dan rukun terlihat dalam kegiatan tersebut. Warga bersama perangkat desa berlomba-lomba mendapatkan ikan.

Menariknya, gropyok ikan ini juga diikuti Wakil Bupati Bojonegoro Setyo Hartono dan Camat Tambakrejo Ngasiaji. Mereka tak cangung untuk berbaur dengan warga dan basah-basahan untuk mendapat ikan.

“Saya dapat satu, ikan gabus,” ucap Setyo Hartono sambil tertawa. (sam)