Artikel

JIM Bojonegoro Siap Wujudkan Rencana Aksi OGP di Kecamatan Gayam

Direktur LIMA2B, Mugito Citrapati saat berdiskusi dengan perwakilan Fisipol UGM Yogjakarta

Oleh : Atok Moch Nur Rozaqy

jimbojonegoro.net– Jaringan Informasi Masyarakat (JIM), komunitas binaan Lembaga Informasi dan Komunikasi Masyarakat Banyuurip Bangkit (LIMA2B) menyatakan kesiapannya untuk mendukung rencana aksi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, Jawa Timur menuju Open Goverment Partnership (OGP). Direktur LIMA 2B, Mugito Citrapati mengungkapkan pihaknya akan mengoptimalkan peran JIM untuk membantu rencana aksi pelaksanaan OGP yang difokuskan di Kecamatan Gayam.

“Secara umum Bojonegoro sudah menerapkan system pemerintahan terbuka yang bagus. Karena itu, kita akan bantu dari bawah. Khsususnya di Kecamatan Gayam.Nanti teman – teman JIM yang akan turun,”kata Mugito belum lama ini.

Apa yang disampaikannya juga sekaligus menjawab pertanyaan dari Ashari Cahyo Edi, perwakilan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) UGM Yogjakarta beberapa waktu lalu. Perwakilan UGM tersebut sedang melakukan riset tentang  persepsi daerah terhadap dinamika struktur kesejahteraan yang demokratis. Penelitian itu dibawah naungan Power, Welfare, dan Democracy/ Kekuasaan, Kesejahteraan, dan Demokrasi.

Menurut Mugito, untuk mendukung rencana aksi menuju OGP disektor bawah memiliki tantangan tersendiri. Dia menilai, rencana aksi OGP yang dilakukan Pemkab Bojonegoro belum semuanya dapat diterima hingga level bawah. Oleh karenanya diperlukan sosialisasi dan komunikasi yang efektif. Karena itu, keberadaan JIM yang diproyeksikn menjadi agen informasi disekitar Kecamatan Gayam akan turut berperan.Bahkan, pihaknya juga sudah mempunyai wacana dan konsep membikin warung komunikasi (warkom). Dimana warkom tersebut dapat menjadi ajang komunikasi antar masyarakat dengan pemerintah.

“Kita juga ada binaan JIM yang nantinya akan berfungsi sebagai agen informasi dan bersinergi mendukung program pemerintah,”katanya disela diskusi bersama

Ashari Cahyo Edi, periset Fisipol UGM Yogjakarta mengungkapkan salah satu data yang dia ingin gali adalah mengenai transparansi Pemkab Bojonegoro. termasuk keberlangsungan dialog public yang digelar di Pendapa Pemkab Bojonegoro setiap Jum’at

“Data yang ingin kami gali salah satunya masalah transparansi,”ucapnya.