Event Inspiratif

JIM Bojonegoro bersama EMCL Sosialisasikan Industri Hulu Migas dan Bahaya Narkoba

Perwakilan EMCL, Ichwan Arifin menegaskan, kegiatan yang diinisiasi oleh JIM Bojonegoro merupakan salah satu bentuk komitmen EMCL dibidang kesehatan

JIMBojonegoro.net – Meski gerakan pencegahan dan pemberantasan obat terlarang dan narkoba cukup gencar, jumlah kasus dan korbannya masih cenderung meningkat. Berangkat dari kegelisahan tersebut komunitas binaan Suarabanyuurip Media, Jaringan Informasi Masyarakat (JIM) Bojonegoro menginisiasi kegiatan Sosialisasi Industri Hulu Migas dan Kesehatan Masyarakat di Kecamatan Gayam bekerjasama dengan ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) di PIB, Desa Ringintunggal, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Rabu (13/2/2019).

“Kegiatan hari ini merupakan tahap kedua yang telah kami selenggarakan. Untuk tahap dua ini diikuti oleh perwakilan peserta dari Desa Bonorejo, Beged, Begadon dan Brabowan,” ucap Sekretaris JIM Bojonegoro, Didik Jatmiko.

BACA JUGA : Sosialisasikan Industri Hulu Migas dan Kesehatan Masyarakat Bersama EMCL dan JIM Bojonegoro (Tahap I)

Didik menjelaskan, kegiatan ini melibatkan 12 Desa, Kecamatan Gayam, dan dilakukan secara bertahap. Solialisasi melibatkan dari perwakilan elemen masyarakat di setiap desa.

“Semua unsur kita gandeng,” imbuh pemuda lajang ini.

Camat Gayam, Wardoyo mengungkapkan, para peserta yang ikut dalam kegiatan ini harus ikut menularkan materi yang disampaikan oleh nara sumber. Sehingga gerakan pemberantasan narkoba melibatkan semua masyarakat. Selain itu, Camat menghimbau agar memberikan pengawasan lebih kepada generasi muda. Terlebih dengan kemajuan teknologi informasi.

“Pengawasan dari orang tua cukup penting. Beragam cara dilakukan untuk memasarkan narkoba. Bahkan lewat permen,” tuturnya.

Sementara Perwakilan EMCL, Ichwan Arifin menegaskan, kegiatan yang diinisiasi oleh JIM Bojonegoro merupakan salah satu bentuk komitmen EMCL dibidang kesehatan. Dia menyampaikan, kegiatan ini merupakan bukti kepedulian EMCL terhadap kesehatan dan tidak hanya pada aspek infrastruktur.

Lebih lanjut, menurut dia, narkoba merupakan obat – obatan yang disalah gunakan. Padahal setiap obat memiliki reaksi yang berbeda jika dikonsumsi.

“Untuk bagaimana lebih jelasnya akan dipaparkan pemateri,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, pria yang hobi menulis ini juga memberikan pemahaman Industri Hulu Migas. Khususnya di Lapangan Banyuurip, Blok Cepu.

INSPIRATIF : Polsek Gayam Bersama Suara Banyuurip dan JIM Luncurkan Program Warkom Kamtibmas

Hadir sebagai nara sumber adalah Kapolsek Gayam, AKP Harjo dengan materi penyuluhan narkoba yang menjelaskan jenis – jenis narkoba berikut himbauan cara pencegahannya.

“Masyarakat bisa ikut aktif bersama melawan narkoba. Silakan melapor kepada kami,” tuturnya.

Sedangkan nara sumber kedua Komandan Posramil Gayam, Pelda Sapari yang menyampaikan tentang Narkoba dan Ancaman Kedaulatan NKRI. Selain memberikan materi kedua narasumber berpesan agar senantiasa menjaga kondisi lingkungan yang aman, nyaman, dan kondusif. (jim)