Peristiwa Wisata

ExxonMobil Bantu Pengembangan Wisata Alam Grogoland Bojonegoro

JIMBojonegoro.net – Kontraktor Kontrak Kerja sama Blok Cepu, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) memberikan bantuan pengembangan wisata alam Growgoland Waterpark di Desa Ngunut, Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, pada Selasa (8/5/2018). Bantuan diserahkan di balai desa setempat kepada Camat Nanik Lusetiyani.

“Ini bentuk dukungan nyata EMCL kepada Pemerintah Kabupaten Bojonegoro khususnya Kecamatan Dander, agar wisata di sini semakin berkembang dan maju,” ucap Nanik di hadapan Pemerintah Desa Ngunut, warga, dan perwakilan EMCL.

Sebagai Camat, Nanik bercita-cita menjadikan Kecamatan Dander sebagai daerah destinasi wisata yang paling diminati para pelancong lokal dan luar daerah. Ada dua objek wisata Kecamatan Dander, yaitu Wana Wisata yang terkenal dengan Dander Water Parknya dan Growgoland Water Park yang terkenal dengan river tubingnya.

Dander Water Park telah dibangun oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Bojonegoro dengan biaya hingga Rp30 Miliar. Sedangkan Growgoland Water Park dikembangkan dan dikelola oleh Pemerintah Desa Ngunut dan warga setempat.

“Growgoland ini potensi lokal Desa Ngunut dan masyarakat bersemangat untuk mengembangkannya. Dukungan dari berbagi pihak, Pemerintah maupun swasta akan sangat membantu perkembangannya,” imbuh Nanik.

EMCL memberikan 5 unit Alat Permainan berupa Ayunan, Ayunan Putar, Papan seluncur pasir, tangga majemuk dan jungkitan. Kepala Desa Ngunut Nur Hidayati mengaku sangat butuh peralatan tersebut untuk menunjang kenyamanan pengunjung, terutama wisatawan keluarga. “Bantuan ini tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan kami di sini,” ucapnya.

Sementara itu, perwakilan EMCL Galih Tiara mengatakan bahwa bantuan tersebut diberikan setelah sebelumnya melakukan peninjauan ke lokasi. Dia melihat objek wisata tersebut sangat potensial di Bojonegoro yang butuh suasana wisata air yang alami. “Ini sangat bagus sebagai wisata alam bersama keluarga,” ujar perempuan yang biasa disapa Rara itu.

Selain itu, kata Rara, bantuan yang diberikan merupakan wujud komitmen EMCL dalam meningkatkan taraf ekonomi masyarakat sekitar wilayah operasinya. Desa Ngunut merupakan area operasi EMCL di Lapangan Migas Alas Tua East (ATE). “Kami melengkapi upaya Pemerintah dalam mengembangkan potensi desa di wilayah operasi kami,” pungkasnya. [dik/JIM]