Event

DPMD Bojonegoro bersama TIK Bojonegoro Gelar Pelatihan Tim Pelaksana Inovasi Desa

JIMBojonegoro.net – Tim Inovasi Kabupaten (TIK) Kabupaten Bojonegoro menggelar Pelatihan Tim Pelaksana Inovasi Desa yang dilaksanakan di Gedung Dinas PMD Lantai II Jl. Panglima Sudirman No 161 Bojonegoro, Jum’at (07/12/2018).

Agar berjalan maksimal, pelaksanaan pelatihan TPID ini dibagi menjadi dua gelombang. Gelombang pertama dilaksanakan hari ini dan gelombang kedua akan dilaksanakan besok Sabtu tanggal 08 Desember 2018. Untuk jumlah keseluruhan peserta ini terdiri atas 196 anggota TPID dari 28 Kecamatan Se Kabupaten Bojonegoro.

TONTON VIDEO INOVASI DESA SEDAHKIDUL

“Pelatihan TPID merupakan rangkaian kegiatan Program Inovasi Desa (PID) yg merupakan program dari Kemendes PDTT. PID merupakan program dalam upaya untuk memberikan informasi kegiatan inovasi desa agar ada proses pertukaran ide dan informasi serta direplikasi oleh pemerintah desa sehingga akan memberikan referensi bagi desa untuk meningkatkan kwalitas penggunaan dana desa”, ucap M. Fathur Rochman Koordinator TA P3MD Kab. Bojonegoro

Selain pelatihan ini, juga ada kegiatan Bursa Inovasi Desa (BID) yang direncanakan pada tgl. 18 Desember 2018. Dalam BID ini akan menampilkan beberapa bentuk inovasi nasional dan bentuk inovasi lokal kabupaten. Sehingga diharapkan pemerintah desa bisa berkomitmen untuk mereplikasi kegiatan inovasi desa yang dituangkan dalam Kartu Komitmen dan Kartu Ide.

“Pelatihan TPID ini diharapkan bisa memberikan bekal kepada para pengurus untuk melaksanakan tahapan kegiatan Program Inovasi Desa (PID), seperti MAD, Capturing, mengawal replikasi dan kegiatan lainnya”, tambahnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas PMD Kabupaten Bojonegoro, M. Qosim dalam sambutannya mengharapkan kegiatan ini dilaksanakan dengan sebaik-baiknya agar tujuan Program Inovasi Desa (PID) dapat tercapai.

“Dinas PMD Kab. Bojonegoro selaku Tim Inovasi Kabupaten (TIK) bersedia untuk memfasilitasi setiap kegiatan yang dilakukan TPID agar proses pertukaran ide dan informasi dalam Bursa Inovasi Desa (BID) dapat terlaksana” ucapnya. (JIM)