Inspiratif Pendidikan

Awali Ramadhan, Warga Bonorejo Memanen Kambing

JIMBojonegoro.net – Mengawali Ramadhan, warga Desa Bonorejo, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro sudah mulai memanen kambing. Ternak yang dikelola bersama oleh warga di desa ini sudah menghasilkan 8 anakan. Kedelapan anak kambing dibagi pada Rabu lalu kepada delapan warga terpilih. “Ini hasil pertama dari 120 kambing yang kita kelola dalam lima bulan terakhir ini,” ucap pendamping peternak, Muhammad Ja’i kepada JIM Bojonegoro, Jumat (18/5/2018).

Ja’i menuturkan, idealnya anak kambing yang dilahirkan lebih banyak. Namun pakan yang tersedia belum mencukupi kebutuhan ideal tersebut. “Secara ekonomis kita memperhitungkan tambahan pakan ini,” imbuh ketua Yayasan Bimantari ini.

Kambing yang dikelola masyarakat ini merupakan bagian dari Program Peternakan Terpadu Melalui Kandang Budidaya Kambing Masyarakat Desa Bonorejo. Program yang diprakarsai ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) ini bekerjasama dengan Yayasan Bimantari, pengelola Kandang Belajar Sapi Rakyat di Desa Brabowan Kecamatan Gayam. “Ini penerima putaran pertama,” ucap Jai.

Dia menjelaskan, kedelapan penerima bantuan ini merupakan hasil seleksi dari pemerintah desa setempat. Setelah menerima bantuan kambing, mereka diharapkan bisa merawatnya dengan baik agar terus berkembang biak. “Harapannya bisa membantu meningkatkan ekonomi warga,” ujarnya.

Sementara itu Perwakilan EMCL Joni Wicaksono pada kesempatan lain menyampaikan bahwa program ini memang ditujukan untuk peningkatan ekonomi masyarakat. EMCL, kata dia, membantu Pemerintah dalam meningkatkan taraf ekonomi masyarakat sekitar wilayah operasi Lapangan Banyu Urip berdasarkan potensi yang ada di wilayah setempat. “Kami senang sekarang hasilnya sudah bisa dirasakan warga,” cetusnya.

Kepala Desa Bonorejo, Dasan mengapresiasi EMCL yang senantiasa membantu masyarakat sekitar. Bantuan yang diberikan EMCL, kata dia, sudah tepat sasaran dan terasa manfaatnya. “Kami selaku Pemerintah Desa menyampaikan terima kasih kepada EMCL,” tuturnya.

Dasan berharap, program ternak kambing ini akan terus menghasilkan. Sehingga lebih banyak lagi warga yang mendapatkan kambing. “Semoga tidak ada kendala dan semua berjalan lancar,” katanya seraya berdoa. [dik/JIM]