Potensi Desa

2.52 % Jumlah Sapi di Bojonegoro berasal dari Kecamatan Gayam

Sapi di KBSR Desa Brabowan, Kecamatan Gayam
Sapi di KBSR Desa Brabowan, Kecamatan Gayam

Oleh : Atok Moch Nur Rozaqy

jimbojonegoro.net-Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur ternyata memiliki potensi ekonomi disektor peternakan. Artinya, secara tidak langsung Kecamatan Gayam juga turut mensuplai kebutuhan daging dari berbagai jenis hewan ternak.

UPT Dinas Peternakan Kecamatan gayam mencatat populasi sapi Kecamatan Gayam tahun 2014 mencapai 4.602 ekor.

“Jumlah ini berkurang 0,6 persen dari tahun 2013,” sebagaimana dikutip dari bojonegorokab.bps.co.id dalam Laporan Statistik Daerah Kecamatan Gayam tahun  2015.

Jumlah tersebut meliputi Sapi jantan dan betina. Apaun rinciannya jumlah sapi jantan sebanyak 770 ekor dan jumlah sapi betina sebanyak 3.832 ekor. Meski demikian, dalam laporan itu disebutkan jika ternyata sebanyak 2.52 persen jumlah sapi di Kabupaten Bojonegoro berasal dari Kecamatan Gayam. Untuk populasi ternak kambing, dalam laporan statistik tersebut tidak tercantum jumlah populasi ternak kambing.

Sedangkan untuk populasi ternak unggas, khususnya ayam ras pedaging tercatat sebanyak 200 ekor dan ayam buras sebanyak 17.116 ekor, itik sebanyak 837 ekor, dan Entok sebanyak 895 ekor terdapat di kecamatan ini selama tahun 2014.